SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Kamis, 24 Januari 2019

شرح بلوغ المرام من أدلة الأحكام

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : Larangan Menjual Barang Sebelum di Terima dan dibawa ke Tempat Tinggalnya..

@ngajisyarhubulughulmaram/S=0016/klik.


كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.

Dalil Hadits Pertama tentang Larangan Menjual Barang Sebelum di Terima  dan dibawa ke Tempat Tinggalnya.

[823] – وعن ابن عمر رضي الله عنهما قال : ابتعت زيتا في السوق فلما استوجبته لقيني رجل فأعطاني به ربحا حسنا فأردت أن أضرب على يد الرجل فأخذ رجل من خلفي بذراعي فالتفت فإذا هو زيد بن ثابت فقال : لا تبعه حيث ابتعته حتى تحوزه إلى رحله فإن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى : أن تباع السلع حيث تبتاع حتى يحوزها التجار إلى رحالهم ؛ رواه أحمد وأبو داود واللفظ له وصححه ابن حبان والحاكم.

Dan dari ibnu ‘umar semoga Allah meridhai keduanya, dia berkata : saya membeli minyak di pasar maka setelah saya menerimanya, seorang bertemu denganku maka seorang itu memberiku keuntungan yang baik dengannya maka saya hendak menyerahkan barang itu untuk menjadi milik orang itu maka tiba-tiba ada seorang memegang dari belakang lenganku lalu saya menoleh maka tiba-tiba dia adalah zaid bin tsabit maka dia berkata : jangan kamu menjualnya di tempat kamu membelinya sampai kamu membawa minyak itu ke tempat tinggalmu maka sesungguhnya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang : untuk menjual barang di tempat barang itu di beli sehingga para pedagang membawa pulang barang dagangan ke tempat tinggal mereka ; hadits diriwayatkan oleh ahmad dan abu dawud dan lafadz hadits pada riwayat abu dawud dan hadits ini dishahihkan oleh ibnu hibban dan alhakim.

Faedah Hadits Bulughul Maram Nomer : 823 – Kitab Jual Beli :

Hadits ini sebagai dalil bahwa tidak boleh bagi pembeli untuk menjual barang yang dibelinya sebelum membawa pulang barang itu ke tempat tinggalnya, dan yang dhahir bahwa yang di maksud dengannya adalah sebelum barang itu resmi menjadi miliknya, ini adalah pendapat jumhur ulama.

Dalil Hadits tentang bolehnya jual beli dengan mata uang berbeda dengan syarat kontan dan belum berpisah dari tempat transaksi jual beli.

[824] – وعنه رضي الله عنه قال : قلت يا رسول الله ، إني أبيع الإبل بالبقيع فأبيع بالدنانير وآخذ الدراهيم ، وأبيع بالدراهيم وآخذ الدنانير ، آخذ هذا من هذه وأعطي هذه من هذا ، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا بأس أن تأخذها بسعر يومها ما لم تفترقا وبينكما شيئ <13> ؛ رواه الخمسة وصححه الحاكم.

===<13>. وفي نسخة بالنقيع ، فبالباء الموحدة هو بقيع الغرقد مقابر أهل المدينة ، وبالنون موضع قريب من المدينة ، وبالمدينة نقيع الخضمات الذي جمع فيه أسعد بن زرارة أول جمعة ، ونقيع آخر حماه النبي صلى الله عليه وسلم لإبل الصدقة ، لأنه كان يستنقع فيه الماء فكلما نضب نبت مكانه الكلأ ، وهو فى صدر وادي العقيق من ديار مزينة ، والحديث قال الترمذي : لا نعرفه مرفوعا إلا من حديث سماك بن حرب ، وذكر أنه روي عن ابن عمر موقوفا ، وقد أخرجه النسائي من قول ابن عمر ، قال الخطابي : واشترط أن لا يتفرقا وبينهما شيئ لأن اقتضاء الدراهم من الدنانير صرف ، وعقد الصرف لا يصح إلا بالتقابض.

Dan darinya (ibnu ‘umar semoga Allah meridhainya), dia berkata : saya bertanya wahai rasulullah, sesungguhnya saya menjual onta di baqi’ maka saya menjual onta dengan uang dinar dan saya mengambil pembayaran dengan uang dirham, dan saya menjual onta dengan uang dirham dan saya mengambil pembayaran dengan uang dinar, saya mengambil ini dari harga ini, dan saya menerima ini dari harga ini, maka rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak mengapa kamu mengambilnya dengan harga pada hari itu selama kalian belum berpisah dan diantara keduanya tidak ada masalah ; hadits ini diriwayatkan oleh imam yang lima dan dishahihkan oleh alhakim.

===<13>. Dalam satu naskah disana ditulis binnaqi’ (saya menjual onta dinaqi’) maka dengan huruf ba’ titik satu dia adalah baqi’ul gharqad nama kuburan penduduk madinah dan dengan huruf nun adalah tempat yang dekat dengan madinah dan dimadinah ada naqi’ul khadhamat yang berkumpul ditempat itu as’ad bin zararah untuk melakukan jum’at yang pertama kali, dan ada naqi’ yang lain yang nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melindunginya untuk onta zakat karena naqi’ adalah merupakan tempat sumber air yang air itu meresap ke tanah pada tempat itu maka setiap kali tumbuh tumbuhan tempatnya rumput dan dia itu ada didekat lembah ‘aqiq dari dekat rumah, dan tentang hadits ini berkata attirmidzi : kami tidak mengetahui hadits ini marfu’ (sampai kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) kecuali dari hadits samak bin harb, dan dia menyebutkan bahwasannya dia meriwayatkan dari ibnu ‘umar secara mauquf, dan sungguh telah dikeluarkan oleh annasa’i dari ucapan ibnu ‘umar, berkata alkhaththabi : dan syarat tidak boleh keduanya (penjual dan pembeli) berpisah dan diantara keduanya tidak ada masalah karena membayar uang dirham dari penjualan uang dinar itu pertukaran dan akad pertukaran yang pertukaran itu tidak sah kecuali dengan saling menerima secara kontan.

Faedah Hadits Bulughul Maram Nomer : 824 – Kitab Jual Beli.

Lafad : ما لم تفترقا وبينكما شيئ (selama kalian belum berpisah dan diantara keduanya tidak ada masalah) maksudnya adalah menjual dengan uang dirham ternyata dibayar dengan uang dinar dengan nilai yang sama dan juga sebaliknya.

Pertama : Hadits ini sebagai dalil bolehnya membayar ema dengan ganti perak dan perak dengan mengganti emas.

Kedua : Hadits ini sebagai dalil bahwa hal itu adalah dilakukan dengan kontan dan belum berpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...