SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Selasa, 23 Juli 2019

شرح بلوغ المرام من أدلة الأحكام.

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : bolehnya berserikat dan bersekutu dengan badan atau dalam bentuk pekerjaan dalam rangka mencari hasil lalu hasil itu dibagi seperti berserikat dalam rampasan perang.

@ngajisyarahbulughulmaram/S=0069/klik.

كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.


Dalil Hadits tentang bolehnya berserikat dan bersekutu dengan badan atau dalam bentuk pekerjaan dalam rangka mencari hasil lalu hasil itu dibagi adalah Sebagai Berikut :

[905]- وعن عبد الله بن مسعود رضي الله تعالى عنه قال : اشتركت أنا وعمار وسعد فيما نصيب يوم بدر – الحديث [*] ؛ رواه النسائي.

==[*]- تمامه : فجاء سعد بأسيرين ولم أجىء أنا وعمار بشيئ ؛ ورواه أبو داود وابن ماجه وهو حجة فى شركة الأبدان وتملك المباحات.

dan dari abdullah bin mas’ud semoga Allah meridhainya, dia berkata : saya, ammar dan sa’ad berserikat pada harta rampasan perang yang kami peroleh pada perang badar – bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis ini diriwayatkan oleh annasa’i.

==[*]- lengkapnya hadis ini : maka sa’ad datang dengan membawa dua tawanan, dan saya dan ammar tidak membawa apapun ; hadis ini diriwayatkan oleh abu dawud dan ibnu majah ; dan hadis ini adalah hujjah tentang syirkah badan dan kepemilikan barang-barang yang diperbolehkan.

DERAJAT HADIS :

Derajat hadis ini adalah hadis munqathi’ atau hadis terputus.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Hadis ini sebagai dasar bolehnya syirkatul abdan atau bekerja sama dengan badan pada perkara-perkara yang diusahakan seperti kerja sama untuk berburu dan hasilnya dibagi.

Kedua : Apa yang dihasilkan oleh mereka dari rezeki Allah supaya dibagi dengan pembagian yang sama walaupun yang memperoleh salah satu dari mereka, yang lainnya tidak karena akad syirkah menuntut seperti itu.

Ketiga : diperbolehkan mengadakan syirkah pada perkara rampasan perang dan dikiaskan kepadanya pada amalan-amalan yang mubah.

Keempat : Bahwa menginginkan rampasan perang dalam jihad tidak menyedikitkan pahala jihad selama itu bukan satu-satunya tujuan.

Kelima : dalam hadis itu mengandung halalnya rampasan perang untuk umat ini, dan ini adalah kekhususan bagi umat ini dari sekian banyak umat, hanya umat islam yang dihalalkan rampasan perang dan mencari rezeki dengan rampasan perang adalah yang palin afdhol.

Keenam : Akad syirkah itu menuntut atau menghendaki kepemilikan masing-masing dari orang yang berserikat pada hasil yang diperoleh oleh yang lainnya.

Ketujuh : Bahwa islam itu pengikat dan penghubung yang paling kuat dan kokoh diantara manusia dengan manusia.

[906]- وعن جابر بن عبد الله رضي الله تعالى عنهما قال : أردت الخروج إلى خيبر فأتيت النبي صلى الله عليه وسلم فقال : إذا أتيت وكيلي بخيبر فخذ منه خمسة عشر وسقا ؛ رواه أبو داود وصححه.

Dan dari jabir bin abdillah semoga Allah ta’ala meridhai keduanya, dia berkata : saya hendak bermaksud untuk keluar ke khaibar maka saya datang menemui nabi shallallahu alaihi wa sallam maka beliau bersabda : apabila engkau menemui wakilku dikhaibar maka ambillah dari wakilku itu 15 wasaq ; hadis ini diriwayatkan oleh abu dawud dan beliau menshahihkan hadis ini.

DERAJAT HADIS :

Derajat hadis ini adalah hadis hasan ; wakilnya rasul adalah sebagai pengurus zakat, jabir sebagai ibnu sabil ke khaibar maka nabi shallallahu alaihi wa sallam membantu perjalanan jabir ; 15 wasaq = 900 sho’ ; 1 wasaq = 60 sho’ ; 1 sho’ = 4 mud.

FAEDAH HADIS :

Pertama : dalam hadis ini mengandung dalil tentang sahnya perwakilan, hal itu perkara yang disepakati dikalangan ulama.

Kedua : bolehnya mewakilkan dalam menarik zakat dan menyerahkan zakat kepada yang berhak.

Ketiga : memberikan zakat kepada ibnu sabil atau orang yang menempuh perjalanan, dia adalah salah satu dari 8 golongan yang berhak menerima zakat ; terusan hadis ini : nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : kalau wakilku minta bukti kasih tau tanda buktinya.

Keempat : bolehnya mengetahui adanya tanda pada orang yang diutus dan hadis ini menunjukan disunahkan membuat tanda orang yang mewakilkan dan orang yang dijadikan wakil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...