Kajian Kitabul
Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam
Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas
seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : Larangan Jual Beli Kucing
dan Anjing.
|
@ngajisyarhubulughulmaram/S=0007/klik.
|
كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.
|
Dalil Hadits
tentang Larangan Jual Beli Kucing dan Anjing.
|
[809] – وعن أبي الزبير قال : سألت
جابرا رضي الله عنه عن ثمن السنور والكلب فقال : زجر النبي صلى الله عليه وسلم عن
ذلك ؛ رواه مسلم والنسائي وزاد : إلا كلب صيد.
Dan dari Abu
zubair, dia berkata : saya bertanya kepada jabir semoga Allah meridhainya
tentang hasil penjualan kucing dan anjing maka jabir berkata : Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam melarang dari hal itu ; hadits ini diriwayatkan oleh muslim
dan annasa’i, dan annasa’i menambahkan : kecuali anjing buruan.
Faedah Hadits
Bulughul Maram Nomer : 809 – Kitab Jual Beli.
|
Dari abu zubair
yaitu abu zubair muhammad bin muslim almaki seorang tabi’in, Annasa’i
menambahkan dalam riwayatnya ada pengecualian anjing yang terdidik untuk
berburu, berkata ibnu hajar dalam talkhis : bahwasannya telah datang
pengecualian dari hadis jabir dan perawi dalam hadits ini semuanya terpercaya.
Hadits ini
menjelaskan haramnya jual beli kucing dan anjing, dan hasil penjualan kucing
dan anjing juga diharamkan walaupun kucing itu halal dipelihara dan tidak
najis, tentang larangan dari memanfaatkan hasil penjualan kucing dan anjing
telah sepakat para ulama bahwa asal larangan menunjukan haramnya, jumhur ulama
berpendapat haramnya jual beli anjing secara muthlak tapi mereka berbeda
pendapat tentang jual beli kucing, ada yang berpendapat tentang haramnya
seperti abu hurairah, thawus dan mujahid, jumhur ulama menyatakan : bolehnya
jual beli kucing apabila ada manfaat, larangan memelihara anjing kecuali anjing
buruan adalah sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : ‘Siapa yang memelihara
kecuali anjing buruan maka setiap hari terkurangi pahalanya dua qirat’,
dikatakan : satu qirat dari amalan malam dan satu qirat dari amalan siang, dan
ada yang mengatakan : satu qirat dari amalan fardhu dan satu qirat dari amalan
sunah.
Kesimpulan : dari
beberapa hadits barang yang diharamkan untuk dijual belikan, yaitu : khamr
(minuman keras), bangkai, babi, patung (berhala), anjing dan kucing.
Dalil Hadits
tentang Hukum orang yang mempersyaratkan syarat-syarat dalam jual beli yang
tidak ada di dalam kitab Allah.
|
[810] – وعن عائشة رضي الله عنها قالت
: جاءئني بريرة ، فقالت : إني كاتبت أهلي على تسع أواق ، في كل عام أوقية ،
فأعينيني ، فقلت : إن أحب أهلك أن أعدها لهم ويكون ولاؤك لي فعلت ، فذهبت بريرة
إلى أهلها ، فقالت لهم : فأبوا عليها ، فجاءت من عندهم ورسول الله صلى الله عليه
وسلم جالس فقالت : إني قد عرضت ذلك عليهم فأبوا إلا أن يكون الولاء لهم فسمع النبي
صلى الله عليه وسلم فأخبرت عائشة النبي صلى الله عليه فقال : خذيها واشترطي لهم
الولاء فإنما الولاء لمن أعتق ؛ ففعلت عائشة رضي الله عنه ثم قام رسول الله صلى
الله عليه وسلم فى الناس فحمد الله وأثنى عليه ثم قال : أما بعد ، فما بال رجال
يسترطون شروطا ليست فى كتاب الله تعالى ؟ ما كان من شرط ليس فى كتاب الله فهو باطل
وإن كان مائة شرط ، قضاء الله أحق وشرط الله أوثق وإنما الولاء لمن أعتق ؛ متفق
عليه واللفظ للبخاري ، وعند مسلم قال : اشتريها وأعتقيها واشترطي لهم الولاء.
Dan dari ‘aisyah
semoga Allah meridhainya, dia berkata : telah datang kepadaku barirah, maka
berkata barirah : sesungguhnya saya memiliki perjanjian untuk merdeka dengan
tuanku dengan harga 9 uqiyah, dalam setiap tahun 1 uqiyah, maka tolonglah saya,
maka saya (‘aisyah) berkata : jika tuanmu suka untuk saya membayarnya terhadap
mereka dan menjadikan wala’ (harta warisan milik budak) untukku, saya lakukan,
maka barirah pergi menemui tuannya, maka barirah berkata kepada mereka : maka
mereka menolaknya atas usulan ‘aisyah, maka datanglah barirah dari hadapan
mereka dalam keadaan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk, maka
berkata barirah : sesungguhnya saya telah menawarkan usulan itu kepada mereka
maka mereka menolaknya kecuali apabila wala’ itu milik mereka maka nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar maka ‘aisyah memberitakan kepada nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam maka beliau bersabda : Ambillah olehmu dan
persyaratkan kepada mereka wala’ maka sesungguhnya tidak lain wala’ itu milik
orang yang memerdekakan ; maka ‘aisyah semoga Allah meridhainya melakukannya,
kemudian rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri ditengah-tengah
manusia maka beliau memuji Allah dan memuja kepada-Nya kemudian beliau bersabda
: Adapun selanjutnya, maka bagaimana manusia manusia mereka memberi syarat
dengan syarat-syarat yang tidak ada didalam kitab Allah ta’ala ? apa saja yang
itu termasuk syarat yang tidak ada didalam kitab Allah maka syarat itu batil
walaupun itu 100 syarat, ketentuan Allah lebih berhak dan syaratnya Allah lebih
kokoh dan sesungguhnya tidak lain wala’ (harta warisan milik budak) itu milik
orang yang memerdekakan ; hadits riwayat bukhari muslim dan lafadz hadits ini
pada riwayat bukhari, dan menurut riwayat imam muslim, beliau bersabda : Belilah
dia dan merdekakan dia dan tetapkanlah olehmu syarat kepada mereka bahwa wala
itu milikmu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar