SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Selasa, 29 Januari 2019

شرح بلوغ المرام من أدلة الأحكام

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : Hukum memisahkan ibu dan anaknya atau memisahkan dua orang yang bersaudara.

@ngajisyarahbulughulmaram/S=0020/klik.


كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.

Dalil Hadits tentang Hukum memisahkan ibu dan anaknya atau memisahkan dua orang yang bersaudara Secara Lengkap adalah Sebagai Berikut :

[831] – وعن أبي أيوب الأنصاري رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : من فرق بين والدة وولدها فرق الله بينه وبين أحبته يوم القيامة ؛ رواه أحمد وصححه الترمذي والحاكم ، ولكن في إسناده مقال ، وله شاهد <19>.

===<19>.  في إسناده حسين بن عبد الله المعافري مختلف فيه وشاهده من حديث أبي موسى عند ابن ماجه والدارقطني بإسناد لا بأس به ، بلفظ : لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم من فرق بين الوالد وولده وبين الأخ وأخيه ؛ وعن عبادة بن الصامت عند الحاكم والدارقطني بإسناد ضعيف : لا يفرق بين الأم وولدها ، قيل : إلى متى ؟ قال : حتى يبلغ الغلام وتحيض الجارية.

dan dari abu ayyub al anshari semoga Allah meridhainya, dia berkata : saya mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa yang memisahkan antara ibu dan anaknya niscaya Allah akan memisahkan antara dia dan antara kekasihnya, pada hari kiamat ; hadits diriwayatkan oleh imam ahmad dan dishahihkan oleh attirmidzi dan alhakim, akan tetapi didalam sanadnya ada pembicaraan, dan hadits ini memiliki pendukung dari jalan lain.

===<19>. Dalam sanad hadits ini ada perawi yang bernama husain bin abdullah almu’afiri, dia diperselisihkan dalam sanad hadits itu, dan pendukung hadits ini dari hadits abu musa pada riwayat ibnu majah dan addaraqutni dengan sanad yang tidak mengapa dengan sanad hadits itu (hadits hasan), dengan lafadz : rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat orang yang memisahkan antara orang tua dengan anaknya dan antara saudara dengan saudaranya ; dan dari ‘ubadah bin ashshamit pada riwayat alhakim dan addaraqutni dengan sanad lemah : tidak boleh memisahkan antara seorang ibu dengan anaknya, dikatakan : sampai kapan ? beliau bersabda : sampai anak laki-laki itu baligh dan anak perempuan telah mengalami haidh.

Faedah Hadits Bulughul Maram Nomer : 831 – Kitab Jual Beli adalah sebagai berikut :

Memisahkan ibu yang dia adalah seorang budak lalau anaknya dijual ibunya tidak atau ibunya dijual anaknya tidak, ini termasuk jual beli yang haram, yaitu jual beli yang memisahkan antara mahram, demikian juga budak laki-laki yang memiliki anak lalu ia dijual, anaknya tidak dijual, atau sebaliknya, apabila dijual keduanya, orang tua dan anaknya adalah diperbolehkan.

Hadits ini sebagai dalil tentang haramnya jual beli yang mengakibatkan memisahkan antara ibu dan anaknya ; berkata syaikh siddiq hasan khan : kalau menjualnya untuk keperluannya seperti untuk membayar hutang atau untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan memberi nafkah mereka adalah dibolehkan.

[832] – وعن علي بن أبي طالب رضي الله عنه قال : أمرني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أبيع غلامين أخوين فبعتهما ففرقت بينهما فذكرت ذلك للنبي صلى الله عليه وسلم فقال : أدركهما فارتجعهما ولا تبعهما إلا جمعا ؛ رواه أحمد ورجاله ثقات وقد صححه ابن خزيمة وابن الجارود وابن حبان والحاكم والدارقطني وابن القطان.

dan dari ali bin abu thalib semoga Allah meridhainya, dia berkata : rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk saya menjual dua budak muda yang bersaudara maka saya menjual keduanya maka saya memisahkan diantara keduanya maka saya menyebutkan hal tersebut kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka beliau bersabda : susullah keduanya maka ambillah kembali keduanya dan jangan kamu jual kecuali bersama-sama ; hadits diriwayatkan oleh imam ahmad dan para perawi hadits ini terpercaya dan sungguh hadits ini dishahihkan oleh ibnu khuzaimah, ibnul jarud, ibnu hibban, alhakim, addaraqutni dan ibnu qoththan.

Faedah Hadits Bulughul Maram Nomer : 832 – Kitab Jual Beli adalah Sebagai Berikut :

Haramnya menjual budak yang masih mahram yang menyebabkan keduanya berpisah ; Pertama : Hadits ini sebagai dalil batalnya jual beli ini karena nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kepada ali bin abu thalib untuk menyusul dan menarik kembali jual belinya. Kedua : Hadits ini sebagai dalil dilarangnya hal ini ketika masih anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...