SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Senin, 06 Mei 2019

شرح الحكم ابن عطاء الله السكندري


Kajian Syarhul Hikam, Karya Abdullah bin Hijazi (Syarqawi) semoga Allah merahmatinya ; Tema Kajian : Tampaknya Allah sesuai pemikiran kita dan Tampaknya ayat-ayat Allah disetiap penjuru di alam dunia dan pada diri kita disana ada kehendak Allah.

@ngajisyarhulhikamibnuathaillah/S=0025/klik.

كتاب شرح الحكم. = Kitab Syarhul Hikam.


Kajian tentang kelemahan akal manusia untuk memikirkan Allah dan kelemahan penglihatan manusia sehingga Allah tidak terlihat oleh pandangan mata manusia adalah Sebagai Berikut :

Penjelasan bahwa tidak ada, itu adalah kegelapan dan bahwa wujud, itu adalah cahaya dan bahwa alam dunia itu tidak ada seandainya Allah tidak menampakan wujud diri-Nya diatasnya Sesi 6.

[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو الظاهر قبل وجود كل شيئ] لتحقق هذا الإسم له أزلا وأبدا فظهوره تعالى ذاتى له غير مكتسب ولا مستفاد ولا معلول وظهور الأكوان ناشئ من تجليه عليها بصفة الظهور فكيف تكون حاجبة له.

[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi oleh sesuatu, dalam keadaan Allah terlihat jelas sebelum adanya segala sesuatu] karena jelasnya nama ini baginya diwaktu azali dan diwaktu selama-lamanya maka terlihat jelasnya Allah ta’ala adalah yang bersifat dzat bagi Allah tidak bisa diusahakan, dan tidak bisa diambil faedah, dan tidak bisa dijadikan alasan dan terlihat jelas apa-apa yang diwujudkan oleh Allah itu muncul dari terlihat jelasnya Allah diatasnya dengan sifat yang jelas maka bagaimana segala sesuatu itu menghalangi Allah.

[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو أظهر من كل شيئ] لأن الوجود أظهر من العدم على كل حال ولأن الظهور الذاتى أقوى من العرضي والظهور المطلق أقوى من المقيد والدائم أقوى من المنصرم وإنما لم يدرك للعقول مع شدة ظهوره لأن شدة الظهور لا يطيقها الضعفاء كالنفاش يبصر بالليل دون النهار لا إخفاء النهار واستنارته بل لشدة ظهوره فإن بصر الخفاش ضعيف يبهره نور الشمس إذا أشرقت فيكون شدة ظهور النهار مع ضعف بصره سببا لإمتناع أبصاره فلا يرى شيئا إلا إذا امتزج الظلام بالضوء وضعف ظهوره فكذلك العقول ضعيفة وجال الحضرة الإلهية فى غاية الإشراق والإ ستنارة فصارت شدة ظهوره سببا لخفائه.

[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi oleh sesuatu, dalam keadaan Allah itu dzat yang lebih jelas kelihatan daripada segala sesuatu] karena sesungguhnya sifat wujud itu lebih jelas terlihat daripada sifat tidak ada atas segala keadaan, karena jelas terlihat secara dzat lebih kuat daripada sifat wujud yang baru datang dan yang jelas terlihat secara muthlak lebih kuat daripada yang dibatasi dan yang jelas terlihat secara selamanya lebih kuat daripada yang terputus dan sesungguhnya tidak bisa didapati wujud Allah bagi akal-akal manusia beserta sangat jelas terlihatnya Allah karena sangat jelas terlihat itu tidak bisa diterima oleh orang-orang yang lemah seperti kelelawar yang bisa melihat diwaktu malam tidak diwaktu siang, bukan karena samarnya siang bahkan karena sangat jelasnya siang maka sesungguhnya penglihatan kelelawar itu lemah, yang mengalahkan penglihatan kelelawar itu adalah cahaya matahari apabila cahaya itu bersinar maka sangat jelasnya siang bersama lemahnya pandangan matanya kelelawar itu menjadi sebab terhadap terhalangnya pandangan matanya kelelawar maka dia tidak bisa melihat sesuatu kecuali setelah malam bercampur dengan siang dan lemah jelasnya cahaya tersebut maka demikianlah akal-akal manusia yang lemah dan indahnya arena keTuhanan itu dipuncaknya sinar dan bercahaya maka menjadilah sangat jelas terlihatnya Allah itu sebagai sebab terhadap samarnya arena keTuhanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...