SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Selasa, 07 Mei 2019

شرح الحكم ابن عطاء الله السكندري

Kajian Syarhul Hikam, Karya Abdullah bin Hijazi (Syarqawi) semoga Allah merahmatinya ; Tema Kajian : Tampaknya Allah sesuai pemikiran kita dan Tampaknya ayat-ayat Allah disetiap penjuru di alam dunia dan pada diri kita disana ada kehendak Allah.

@ngajisyarhulhikamibnuathaillah/S=0026/klik.

كتاب شرح الحكم. = Kitab Syarhul Hikam.


Kajian tentang Allah adalah dzat yang satu yang tidak ada temannya dan kedekatan Allah dengan kita lebih dekat daripada segala sesuatu adalah Sebagai Berikut :

Penjelasan bahwa tidak ada, itu adalah kegelapan dan bahwa wujud, itu adalah cahaya dan bahwa alam dunia itu tidak ada seandainya Allah tidak menampakan wujud diri-Nya diatasnya Sesi 7.

[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو الواحد الذي ليس معه شيئ] إذ كل شيئ سواه عدم لا وجود له على التحقيق فليس ثم شيئ يحجبه إذ الوجود الحقيقي كله له ولا شيئ منه لغيره.

[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi oleh sesuatu, dalam keadaan Allah itu dzat yang satu yang tidak ada bersamanya sesuatupun] karena segala sesuatu selain Allah itu tidak ada, tidak ada wujud baginya secara hakekatnya maka tidak ada ditempat itu sesuatupun yang menghalangi Allah, karena wujud hakikatnya itu semuanya milik Allah dan tidak ada sesuatupun dari wujud tersebut milik selain Allah.

[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو أقرب إليك من كل شيئ] لثبوت إحاطته بك وقيوميته عليك ، قال تعالى : ونحن أقرب إليه من حبل الوريد ؛ فهو قريب لنا بذاته عند أهل الشهود وأما أهل الحجاب فيقولون هو قريب بعلمه وقدرته إلى غير ذلك.

[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi oleh sesuatu, dalam keadaan Allah itu lebih dekat kepadamu dari segala sesuatu] karena tetapnya Allah meliputi denganmu dan pengaturan Allah kepadamu, Allah ta’ala berfirman : ‘dan kami lebih dekat kepadanya daripada otot leher’, maka Dialah Allah dzat yang dekat kepada kita dengan dzatnya disisi ahlu syuhud dan adapun ahlul hijab maka mereka berkata : Dia Allah adalah dekat dengan ilmu-Nya dan kekuasaan-Nya kepada selain itu.

[كيف يتصور أن يحجبه شيئ ولو لاه ما كان وجود كل شيئ] حتى استدل به المشاهدون على الأشياء ، قال تعالى : أو لم يكف بربك أنه على كل شيئ شهيد ولو أسقط لفظ كل لكان أظهر فى إفادة العموم والقصد بهدا الكلام المبالغة فى نفى الحجاب فلا يضر كون هذا الوجه بمعنى الوجه الأول وبعضهم أثبت التغاير بينهما بما فيه كلفة.

[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi oleh sesuatu dan seandainya tidak ada Allah, tidaklah bisa didapati adanya segala sesuatu] sehingga mengambil dalil dengan adanya wujud Allah, para ahlu syuhud atas segala sesuatu, Allah ta’ala berfirman : ‘dan apakah tidak cukup dengan Tuhanmu bahwa Dia atas segala sesuatu itu dzat yang maha melihat’, dan seandainya Allah menggugurkan lafadz kullin niscaya akan lebih jelas didalam memberikan faedah yang bersifat umum, dan yang dimaksud dengan perkataan ini yang sangat didalam peniadaan penghalang maka tidak membahayakan adanya sisi ini dengan makna disisi yang pertama dan sebagian mereka ada yang menetapkan perubahan-perubahan diantara kedua sisi tersebut dengan apa yang didalamnya ada kepayahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...