Kajian Syarhul
Hikam, Karya Abdullah bin Hijazi (Syarqawi) semoga Allah merahmatinya ; Tema
Kajian : Tampaknya Allah sesuai pemikiran kita dan Tampaknya
ayat-ayat Allah disetiap penjuru di alam dunia dan pada diri kita disana ada
kehendak Allah.
|
@ngajisyarhulhikamibnuathaillah/S=0026/klik.
|
كتاب شرح الحكم. = Kitab Syarhul Hikam.
|
Kajian tentang
Allah adalah dzat yang satu yang tidak ada temannya dan kedekatan Allah
dengan kita lebih dekat daripada segala sesuatu adalah Sebagai Berikut :
|
Penjelasan bahwa tidak ada, itu adalah kegelapan dan
bahwa wujud, itu adalah cahaya dan bahwa alam dunia itu tidak ada seandainya
Allah tidak menampakan wujud diri-Nya diatasnya Sesi 7.
|
[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو الواحد الذي ليس معه شيئ]
إذ كل شيئ سواه عدم لا وجود له على التحقيق فليس ثم شيئ يحجبه إذ الوجود الحقيقي
كله له ولا شيئ منه لغيره.
|
[bagaimana bisa digambarkan bila
Allah itu dihalangi oleh sesuatu, dalam keadaan Allah itu dzat yang satu yang
tidak ada bersamanya sesuatupun] karena segala sesuatu selain Allah itu tidak
ada, tidak ada wujud baginya secara hakekatnya maka tidak ada ditempat itu
sesuatupun yang menghalangi Allah, karena wujud hakikatnya itu semuanya milik
Allah dan tidak ada sesuatupun dari wujud tersebut milik selain Allah.
|
[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو أقرب إليك من كل شيئ]
لثبوت إحاطته بك وقيوميته عليك ، قال تعالى : ونحن أقرب إليه من حبل الوريد ؛
فهو قريب لنا بذاته عند أهل الشهود وأما أهل الحجاب فيقولون هو قريب بعلمه
وقدرته إلى غير ذلك.
|
[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi
oleh sesuatu, dalam keadaan Allah itu lebih dekat kepadamu dari segala
sesuatu] karena tetapnya Allah meliputi denganmu dan pengaturan Allah
kepadamu, Allah ta’ala berfirman : ‘dan kami lebih dekat kepadanya daripada
otot leher’, maka Dialah Allah dzat yang dekat kepada kita dengan dzatnya
disisi ahlu syuhud dan adapun ahlul hijab maka mereka berkata : Dia Allah
adalah dekat dengan ilmu-Nya dan kekuasaan-Nya kepada selain itu.
|
[كيف يتصور أن يحجبه شيئ ولو لاه ما كان وجود كل شيئ]
حتى استدل به المشاهدون على الأشياء ، قال تعالى : أو لم يكف بربك أنه على كل
شيئ شهيد ولو أسقط لفظ كل لكان أظهر فى إفادة العموم والقصد بهدا الكلام
المبالغة فى نفى الحجاب فلا يضر كون هذا الوجه بمعنى الوجه الأول وبعضهم أثبت
التغاير بينهما بما فيه كلفة.
|
[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi
oleh sesuatu dan seandainya tidak ada Allah, tidaklah bisa didapati adanya
segala sesuatu] sehingga mengambil dalil dengan adanya wujud Allah, para ahlu
syuhud atas segala sesuatu, Allah ta’ala berfirman : ‘dan apakah tidak cukup
dengan Tuhanmu bahwa Dia atas segala sesuatu itu dzat yang maha melihat’, dan
seandainya Allah menggugurkan lafadz kullin niscaya akan lebih jelas didalam
memberikan faedah yang bersifat umum, dan yang dimaksud dengan perkataan ini
yang sangat didalam peniadaan penghalang maka tidak membahayakan adanya sisi
ini dengan makna disisi yang pertama dan sebagian mereka ada yang menetapkan
perubahan-perubahan diantara kedua sisi tersebut dengan apa yang didalamnya
ada kepayahan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar