Kajian Syarhul
Hikam, Karya Abdullah bin Hijazi (Syarqawi) semoga Allah merahmatinya ; Tema
Kajian : wihdatul wujud (bersatunya dzat Allah dengan
makhluk-Nya didalam perasaan seorang hamba), maksudnya jelasnya segala sesuatu yang kita
lihat ada Allah didalamnya.
|
@ngajisyarhulhikamibnuathaillah/S=0021/klik.
|
كتاب شرح الحكم. = Kitab Syarhul Hikam.
|
Kajian tentang penjelasan wihdatul wujud (bersatunya dzat
Allah dengan makhluk-Nya didalam perasaan seorang hamba) adalah Sebagai
Berikut :
|
Penjelasan bahwa tidak ada, itu adalah kegelapan dan
bahwa wujud, itu adalah cahaya dan bahwa alam dunia itu tidak ada seandainya
Allah tidak menampakan wujud diri-Nya diatasnya Sesi 2.
|
[وحجبت عنه شموس
المعارف] أي المعارف التى كالشموس [بسحب الآثار] أي بالآثار وهي الأكوان التى
كالسحب جمع سحاب بجامع أن كلا يحجب ما وراده وأشار المصنف رحمه الله بذلك إلى
اختلاف أحوال أرباب المشاهدة فى شهودهم فمنهم من يشاهد المكون قبل الأكوان فإذا
وقع بصره على شيئ كحيوان شاهد قيام الحق به وظهوره فيه وأنه وأنه المحرك والمسكن
له قبل أن يخطر له كونه آدميا أو شاة طويلا أو قصيرا إلى غير ذلك ومنهم من يشاهد
ذلك بعد كونه حيوانا ومنهم من يشاهده معه ومنهم من يشاهده فيه وهو ظرف متسع وهذا
تقريب للأفهام والا فهذا أمر لا يدرك الا بالذوق وما كان كذلك تقصر عنه العبارة.
|
[dan dihalangi darinya macam-macam makrifah yang
seperti matahari] yakni macam-macam makrifah yang seperti matahari [dengan
perkara-perkara yang wujud yang seperti mendung] yakni dengan atsar maksudnya
segala sesuatu yang diwujudkan Allah yang seperti mendung assuhub itu bentuk
jamak kata sihabin dengan jami’ bahwa setiap salah satu dari keduanya
menghalangi apa yang dibelakangnya. Dan kyai musonnif memberi isyarat dengan
pernyataan itu kepada berbeda-bedanya keadaan orang-orang yang memiliki
persaksian dalam persaksian-persaksian mereka maka diantara mereka ada yang
mempersaksikan dzat yang mewujudkan sebelum segala sesuatu yang maujud maka
apabila pandangannya melihat seperti hewan, dia menyaksikan tegaknya alhaq
dengannya dan tampilnya alhaq didalamnya dan bahwasanya Dialah dzat yang
menggerakan dan dzat yang mendiamkan baginya sebelum terbetik baginya
keberadaan sesuatu itu adalah anak adam atau kambing yang panjang atau yang
pendek atau selain itu dan diantara mereka ada orang yang menyaksikan adanya
mukawwin (dzat yang mewujudkan) setelah dia menyatakan itu hewan dan diantara
mereka ada orang yang menyaksikannya bersamanya dan diantara mereka ada orang
yang menyaksikannya ada didalamnya dan Dia Allah itu tempat yang luas dan
penjelasan itu mendekatkan kepada hal-hal yang bisa memberi pemahaman dan
bila tidak maka ini perkara yang tidak bisa didapatkan kecuali dengan
perasaan dan apa yang seperti itu tidak mampu darinya diungkapkan dengan
kata-kata.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar