SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Selasa, 11 Juni 2019

شرح بلوغ المرام من أدلة الأحكام

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : salah satu tanda baligh untuk harta itu diserahkan kepada anak kecil yang terkena hajr (terkena larangan untuk membelanjakan harta) adalah telah tumbuh rambut atau bulu kemaluannya.

@ngajisyarahbulughulmaram/S=0058/klik.


كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.

Dalil Hadits tentang salah satu tanda baligh untuk harta itu diserahkan kepada anak kecil yang terkena hajr adalah telah tumbuh rambut atau bulu kemaluannya adalah Sebagai Berikut :

[892]- وعن عطية القرظي رضي الله تعالى عنه قال : عرضنا على النبي صلى الله عليه وسلم يوم قريظة فكان من أنبت قتل ومن لم ينبت خلى سبيله فكنت ممن لم ينبت فخلى سبيلي [*] ؛ رواه الأربعة وصححه ابن حبان والحاكم وقال : على شرط الشيخين.

==[*]- كان يهود بني قريظة أشد الناس عداوة للنبي صلى الله عليه وسلم عاهدهم حين قدم المدينة فنقضوا العهد يوم الخندق فى شوال سنة خمس ومالأوا الأحزاب فلما انتصر صلى الله عليه وسلم على الأحزاب رجع إلى بيته وبينما هو يخلع سلاحه جاءه جبريل وقال له : الحقني فىي بني قريظة فحاصرهم ثم نزلوا على حكم سعد بن معاذ فحكم أن يقتل الرجال وتسبي النساء والذرية فكان يعرف البلوغ بإنبات العانة.

Dan dari ‘athiyyah alquradhi semoga Allah ta’ala meridhainya, beliau berkata : kami dihadapkan kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada peristiwa quraidhah maka barangsiapa yang telah tumbuh rambut kemaluannya dibunuh dan barangsiapa yang belum tumbuh rambut kemaluannya, dia dibebaskan maka saya termasuk orang yang belum tumbuh rambut kemaluannya maka saya dibebaskan ; hadis ini diriwayatkan oleh imam yang empat dan hadis ini dishahihkan oleh ibnul hibban dan alhakim dan berkata alhakim : hadis ini berdasarkan persyaratan bukhari muslim.

==[*]- adalah yahudi bani quraidhah adalah manusia yang paling sengit permusuhannya kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mengadakan perjanjian dengan mereka ketika beliau datang ke madinah maka mereka melanggar perjanjian pada perang khandaq pada bulan syawwal tahun 5 hijriyah dan mereka bergabung gabungan beberapa pasukan (kelompok-kelompok sekutu-sekutu tadi) maka ketika nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapat pertolongan atas pasukan sekutu-sekutu tadi, beliau pulang ke rumahnya dan ketika nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melepas senjatanya, jibril datang kepadanya dan berkata kepadanya : ikuti saya ke bani quraidhah maka jibril mengepung mereka kemudian mereka dikepung atas usulan (hukumnya) sa’d bin mu’adz maka beliau menghukum laki-laki dewasa, dan wanita dan anak-anak ditawan maka dia itu diketahui dewasanya mereka dengan tumbuhnya bulu kemaluan.

Hadis ini mengandung faedah tentang batas umur anak itu sudah baligh atau dewasa atau belum, perang uhud terjadi tahun ke-3 hijriyah dan perang khandaq adalah perang dimana dibuatnya parit yang dalam dan panjang untuk menghalau musuh.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Dua hadis ini menjelaskan hukum-hukum orang yang ditahan hartanya karena bagian dirinya bagi anak kecil, orang ediot dan orang gila.

Kedua : Orang yang ditahan hartanya karena masih kecil, hartanya tidak diberikan dan tidak boleh ia membelanjakan hartanya kecuali setelah dia baligh dan berakal maka untuk membiayai hidupnya diambil hartanya secukupnya.

Ketiga : Baligh itu terjadi dengan salah satu dari beberapa perkara dan penahanan harta itu diserahkan diantara tanda-tanda baligh : [1]- Baligh yang sempurna umur 15 tahun, laki-laki maupun perempuan. [2]- Dengan tumbuhnya bulu atau rambut kemaluan, hal itu diambil dari ucapan ‘athiyyah sebagai ukuran baligh. [3]- Keluar air mani, laki-laki maupun perempuan tapi bagi laki-laki lebih dominan. [4]- Haid sebagai tanda baligh yang khusus bagi wanita dan ini tidak terjadi bagi laki-laki. [5]- Hamil.

Keempat : Untuk menyerahkan harta yang ditahan kepada anak disamping ada tanda-tanda baligh, juga harus berakal yaitu memiliki kesempurnaan akal walaupun anak itu sudah baligh tetapi belum sempurna akalnya seperti ediot maka dia belum lepas dari penahanan harta bila harta diserahkan akan menyia-nyiakan harta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...