SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Kamis, 25 Juli 2019

كتاب البيوع - باب الشركة والوكالة.

باب الشركة والوكالة.

Bab tentang Syarikah dan Wakalah.

Syirkah atau Syarikah menurut bahasa maknanya percampuran ; menurut istilah syariat adalah akad antara dua orang yang bersekutu dalam modal dan pekerjaan.

Syirkah terbagi dua yaitu : Pertama : Syirkah amlak maknanya persekutuan dalam hak milik, beberapa orang memiliki satu barang tanpa akad ; Kedua : Syirkah ‘uqud maknanya dua orang atau lebih mengadakan perjanjian dalam harta dan keuntungan ; Para ulama membagi syirkah menjadi 5 macam, yaitu :

[1]- Syirkatul inan maknanya dua orang atau lebih yang bersekutu atau kerja sama pada harta yang dimiliki untuk diperdagangkan dan keuntungannya dibagi dua.

[2]- Syirkatul Abdan maknanya kesepakatan dua orang atau lebih untuk menerima satu pekerjaan dengan bayaran atau upah pekerjaan ini untuk dua orang sesuai kesepakatan.

[3]- Syirkatul Musawirah maknanya akad perjanjian diantara dua orang atau lebih pada satu pekerjaan sama dalam harta dan sama dalam hal agama, masing-masing orang yang bersekutu bertanggung jawab atas yang lainnya.

[4]- Syirkatul Mudhara’ah maknanya seseorang menyerahkan harta tertentu untuk diniagakan orang lain.

[5]- Syirkatul Wujub maknanya dua orang atau lebih bersekutu pada satu keuntungan barang atau lebih.

[903]- عن أبي هريرة رضي الله عنه : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : قال الله تعالى : أنا ثالث الشريكين ما لم يخن أحدهما صاحبه فإذا خان خرجت من بينهما ؛ رواه أبو داود وصححه الحاكم.

dari abu hurairah semoga Allah meridhainya : bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : Allah ta’ala berfirman : saya adalah yang ketiga dari dua orang yang berserikat selama salah satu dari keduanya tidak mengkhianati temannya maka apabila ia berkhianat saya keluar dari keduanya ; hadis ini diriwayatkan oleh abu dawud dan dishahihkan oleh alhakim.

DERAJAT HADIS :

Berkata syaikh albani semoga Allah ta’ala merahmatinya : hadis ini derajatnya adalah hadis lemah walaupun ini adalah hadis qudsi.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Hadis ini sebagai dalil yang menunjukan tentang bolehnya persekutuan atau kerja sama dalam harta atau pekerjaan.

Kedua : Dorongan untuk menetapi akad-akad syirkah agar supaya mendapat barokah Allah.

[904]- وعن السائب المخزومي رضي الله عنه أنه كان شريك النبي صلى الله عليه وسلم قبل البعثة فجاء يوم الفتح فقال : مرحبا بأخي وشريكي ؛ رواه أحمد وأبو داود وابن ماجه [*].

dan dari assaib almahzumiy semoga Allah meridhainya bahwasannya assaib adalah sekutu nabi shallallahu alaihi wa sallam sebelum beliau diutus sebagai nabi maka assaib datang pada penaklukan kota mekah maka nabi bersabda : selamat datang saudaraku dan sekutuku ; hadis ini diriwayatkan oleh ahmad , abu dawud dan ibnu majah.

[*]- وروى الحاكم وصححه أن السائب كان شريك النبي صلى الله عليه وسلم فى أول الإسلام فى التجارة فلما كان يوم الفتح قال : مرحبا بأخي وشريكي لا يداري ولا يماري ؛ ولفظ ابن ماجه : كنت شريكي فنعم الشريك كنت لا تداريني ولا تماريني ؛ وكان السائب من المؤلفة قلوبهم وممن حسن إسلامه و عاش إلى زمن معاوية.

==[*]- hadis ini telah diriwayatkan oleh alhakim dan beliau menshahihkan bahwa assaib adalah sekutu nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada awal islam dalam perdagangan maka ketika fathul mekah nabi bersabda : selamat datang saudaraku dan sekutuku yang tidak pernah menyakiti dan mengkhianati ; dan lafadz ibnu majah : Engkau adalah sekutuku maka sebaik-baik sekutu adalah Engkau yang tidak pernah menyakitiku dan tidak pula mengkhianatiku ; adalah assaib dari orang yang ditundukan hatinya diantara mereka untuk masuk islam dari orang yang baik islamnya dan beliau hidup sampai zaman mu’awiyah.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Syirkah itu telah ada dimasa jahiliyah kemudian islam menetapkannya.

Kedua : Bahwa muamalah yang baik itu akan meninggalkan dan menetapkan bekasnya atau akarnya dan nama baiknya meskipun waktunya telah lama dan jauh berbeda dengan muamalah yang jelek.

Ketiga : Mereka orang jahiliyah bermuamalah dengan muamalah yang mulia dan baik karena nabi shallallahu alaihi wa sallam diutus untuk menyempurnakan akhlak.

Keempat : Baiknya akhlak nabi shallallahu alaihi wa sallam dan bahwa beliau tidak melupakan orang ini.

Kelima : Mengingatkan kebaikan kepada teman-teman lama untuk tidak melupakan.

[905]- وعن عبد الله بن مسعود رضي الله تعالى عنه قال : اشتركت أنا وعمار وسعد فيما نصيب يوم بدر – الحديث [*] ؛ رواه النسائي.

==[*]- تمامه : فجاء سعد بأسيرين ولم أجىء أنا وعمار بشيئ ؛ ورواه أبو داود وابن ماجه وهو حجة فى شركة الأبدان وتملك المباحات.

dan dari abdullah bin mas’ud semoga Allah meridhainya, dia berkata : saya, ammar dan sa’ad berserikat pada harta rampasan perang yang kami peroleh pada perang badar – bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis ini diriwayatkan oleh annasa’i.

==[*]- lengkapnya hadis ini : maka sa’ad datang dengan membawa dua tawanan, dan saya dan ammar tidak membawa apapun ; hadis ini diriwayatkan oleh abu dawud dan ibnu majah ; dan hadis ini adalah hujjah tentang syirkah badan dan kepemilikan barang-barang yang diperbolehkan.

DERAJAT HADIS :

Derajat hadis ini adalah hadis munqathi’ atau hadis terputus.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Hadis ini sebagai dasar bolehnya syirkatul abdan atau bekerja sama dengan badan pada perkara-perkara yang diusahakan seperti kerja sama untuk berburu dan hasilnya dibagi.

Kedua : Apa yang dihasilkan oleh mereka dari rezeki Allah supaya dibagi dengan pembagian yang sama walaupun yang memperoleh salah satu dari mereka, yang lainnya tidak karena akad syirkah menuntut seperti itu.

Ketiga : diperbolehkan mengadakan syirkah pada perkara rampasan perang dan dikiaskan kepadanya pada amalan-amalan yang mubah.

Keempat : Bahwa menginginkan rampasan perang dalam jihad tidak menyedikitkan pahala jihad selama itu bukan satu-satunya tujuan.

Kelima : dalam hadis itu mengandung halalnya rampasan perang untuk umat ini, dan ini adalah kekhususan bagi umat ini dari sekian banyak umat, hanya umat islam yang dihalalkan rampasan perang dan mencari rezeki dengan rampasan perang adalah yang palin afdhol.

Keenam : Akad syirkah itu menuntut atau menghendaki kepemilikan masing-masing dari orang yang berserikat pada hasil yang diperoleh oleh yang lainnya.

Ketujuh : Bahwa islam itu pengikat dan penghubung yang paling kuat dan kokoh diantara manusia dengan manusia.

[906]- وعن جابر بن عبد الله رضي الله تعالى عنهما قال : أردت الخروج إلى خيبر فأتيت النبي صلى الله عليه وسلم فقال : إذا أتيت وكيلي بخيبر فخذ منه خمسة عشر وسقا ؛ رواه أبو داود وصححه.

Dan dari jabir bin abdillah semoga Allah ta’ala meridhai keduanya, dia berkata : saya hendak bermaksud untuk keluar ke khaibar maka saya datang menemui nabi shallallahu alaihi wa sallam maka beliau bersabda : apabila engkau menemui wakilku dikhaibar maka ambillah dari wakilku itu 15 wasaq ; hadis ini diriwayatkan oleh abu dawud dan beliau menshahihkan hadis ini.

DERAJAT HADIS :

Derajat hadis ini adalah hadis hasan ; wakilnya rasul adalah sebagai pengurus zakat, jabir sebagai ibnu sabil ke khaibar maka nabi shallallahu alaihi wa sallam membantu perjalanan jabir ; 15 wasaq = 900 sho’ ; 1 wasaq = 60 sho’ ; 1 sho’ = 4 mud.

FAEDAH HADIS :

Pertama : dalam hadis ini mengandung dalil tentang sahnya perwakilan, hal itu perkara yang disepakati dikalangan ulama.

Kedua : bolehnya mewakilkan dalam menarik zakat dan menyerahkan zakat kepada yang berhak.

Ketiga : memberikan zakat kepada ibnu sabil atau orang yang menempuh perjalanan, dia adalah salah satu dari 8 golongan yang berhak menerima zakat ; terusan hadis ini : nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : kalau wakilku minta bukti kasih tau tanda buktinya.

Keempat : bolehnya mengetahui adanya tanda pada orang yang diutus dan hadis ini menunjukan disunahkan membuat tanda orang yang mewakilkan dan orang yang dijadikan wakil.

BAB WAKALAH :

Wakalah menurut bahasa artinya perwakilan ; Wakalah menurut istilah syari’at adalah mewakilkan kepada orang yang boleh melakukan pada perkara-perkara yang boleh diwakilkan, seperti seorang mewakilkan sholat maka ini tidak boleh, mewakilkan haji boleh tetapi dengan syarat dan ada ketentuannya ; dalam surat alkahfi disebutkan : maka suruhlah salah seorang diantara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini dan hendaknya dia lihat manakah makanan yang lebih baik maka hendaknya dia membawa makanan itu untukmu ; seperti nabi shallallahu alaihi wa sallam mewakilkan menarik zakat dan menegakan hukum had.

[907]- وعن عروة البارقي رضي الله تعالى عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم بعث معه بدينار يشتري له أضحية – الحديث ؛ رواه البخاري في أثناء حديث ، وقد تقدم [*].

==[*]- أنظر الحديث (839).

dan dari urwah albariqi semoga Allah ta'ala meridhainya bahwa rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengutus urwah dengan membawa satu dinar supaya urwah membeli hewan sembelihan untuk nabi  - bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis ini diriwayatkan oleh albukhari ditengah-tengah hadis, dan sungguh telah berlalu hadisnya.

==[*]- lihat hadis nomer (839).

FAEDAH HADIS :

Pertama : Hadis ini sebagai dalil bolehnya alwakalah atau mewakilkan dalam membeli barang.

Kedua : Hadis ini mengandung dalil disyariatkan udh’iyyah atau menyembelih binatang kurban dan mewakilkan dalam membeli.

[908]- وعن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال : بعث رسول الله صلى الله عليه وسلم عمر على الصدقة – الحديث ؛ متفق عليه.

Dan dari abu hurairah semoga Allah ta’ala meridhainya berkata : rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengutus umar untuk menarik zakat – bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis riwayat bukhari muslim.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Hadis ini menunjukan sahnya mewakilkan untuk menarik zakat kepada orang yang berhak mengeluarkan zakat.

Kedua : dalam hadis itu bolehnya menyerahkan zakat kepada penarik zakat bila diketahui kejujurannya.

Ketiga : dalam hadis itu mengandung wajibnya orang-orang yang terpercaya dalam penguasaan atau pengaturan terhadap terhadap harta yang penting.

Keempat : dalam hadis ini mengandung dalil tentang mengutus petugas untuk menghimpun atau menarik zakat.

[909]- وعن جابر رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم نحر ثلاث وستين وأمر عليا رضي الله عنه أن يذبح الباقي – الحديث ؛ رواه مسلم.

Dan dari jabir semoga Allah meridhainya bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam memotong onta sebanyak 63 ekor dan beliau menyuruh ali semoga Allah meridhainya untuk menyembelih sisanya – bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis ini diriwayatkan oleh imam muslim.

FAEDAH HADIS :

Hadis ini sebagai dalil bolehnya mewakilkan untuk menyembelih binatang kurban membagikan dagingnya dan kulitnya serta apa yang menjadi bagian dari hewan itu kepada orang miskin.

[909]- وعن جابر رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم نحر ثلاث وستين وأمر عليا رضي الله عنه أن يذبح الباقي – الحديث ؛ رواه مسلم.

Dan dari jabir semoga Allah meridhainya bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam memotong onta sebanyak 63 ekor dan beliau menyuruh ali semoga Allah meridhainya untuk menyembelih sisanya – bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis ini diriwayatkan oleh imam muslim.

FAEDAH HADIS :

Hadis ini sebagai dalil bolehnya mewakilkan untuk menyembelih binatang kurban membagikan dagingnya dan kulitnya serta apa yang menjadi bagian dari hewan itu kepada orang miskin.

[910]- وعن أبي هريرة في قصة العسيف ، قال النبي صلى الله عليه وسلم : واغد يا أنيس على امرأة هذا فإن اعترفت فارجمها ؛ الحديث ؛ متفق عليه.

Dan dari abu hurairah tentang kisah pelayan, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : berangkatlah wahai unais [*] kepada istrinya orang ini maka jika ia mengakui maka rajamlah dia – bacalah lengkapnya hadis ini ; hadis riwayat bukhari muslim.

==[*]- Unais nama lengkapnya adalah unais bin dhohak, dia adalah algojo rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan masih kerabat dengan wanita yang dirajam ini.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Hadis ini sebagai dalil bolehnya bolehnya mewakilkan untuk memastikan hukum had dan mengambil pengakuan orang yang tertuduh.

Kedua : Bolehnya bagi imam atau pemimpin mewakilkan hukuman had, sama saja dia mampu menegakan sendiri atau tidak.

Ketiga : dalam hadis ini mengandung dalil mewakilkan itu dari orang yang mewakili dan menerima dari yang mewakili, tidak ada sighat khusus.

Keempat : Bahwa perwakilan kadang-kadang terjadi dalam masalah peribadahan, termasuk bab perwakilan atau inabah.

Kelima : Pengakuan itu termasuk penetapan yang paling kuat untuk menetapkan hukum.

Keenam : Bahwa suami atau istri apabila salah satu mengaku, satunya tidak maka pengakuan itu tidak berlaku kecuali bagi orang yang mengakui.

Ketujuh : Bahwa hukuman zina muhson atau yang sudah menikah berzina adalah dirajam sampai meninggal.

Kedelapan : Wajibnya menegakan hukum had, pelaksanaan tergantung pemerintah kaum muslimin atau yang mewakili.

Kesembilan : Bahwa tidak disyariatkan ulil amri menghadiri pelaksanaan hukum had, bahkan hukum had ditegakan ulil amri ghaib itu boleh bila aman dari kedholiman.

Kesepuluh : Hadis ini mengandung hikmah perbuatan nabi shallallahu alaihi wa sallam politik atau siyasah yang bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...