Kajian Syarhul
Hikam, Karya Abdullah bin Hijazi (Syarqawi) semoga Allah merahmatinya ; Tema
Kajian : Tampaknya Allah sesuai pemikiran kita dan Tampaknya
ayat-ayat Allah disetiap penjuru di alam dunia dan pada diri kita disana ada
kehendak Allah.
|
@ngajisyarhulhikamibnuathaillah/S=0023/klik.
|
كتاب شرح الحكم. = Kitab Syarhul Hikam.
|
Kajian tentang
Tampaknya Allah sesuai pemikiran kita dan Tampaknya ayat-ayat Allah disetiap
penjuru di alam dunia dan pada diri kita disana ada kehendak Allah adalah
Sebagai Berikut :
|
Penjelasan bahwa tidak ada, itu adalah kegelapan dan
bahwa wujud, itu adalah cahaya dan bahwa alam dunia itu tidak ada seandainya
Allah tidak menampakan wujud diri-Nya diatasnya Sesi 4.
|
[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو الذي ظهر بكل شيئ] حتى
استدل عليه المستدلون بالأشياء كما قال تعالى : سنريهم آياتنا فى الآفاق وفى
أنفسهم حتى يتبين لهم أنه الحق وذلك لأن الأثر يدل على المؤثر ويعرف به فهذا
مقام المستدلين الضعفاء.
|
[bagaimana bisa digambarkan bila Allah itu dihalangi
oleh sesuatu, dalam keadaan Allah ia dzat yang tampil/terlihat jelas dengan
segala sesuatu] sehingga mengambil dalil atasnya orang-orang yang mengambil
dalil dengan segala sesuatu sebagaimana Allah ta’ala berfirman : ‘kami akan
memperlihatkan kepada mereka ayat-ayat kami disetiap penjuru dan didalam
diri-diri mereka sehingga menjadi jelas bagi mereka bahwasannya Allah itu
dzat yang haq dan hal itu karena bekas menunjukan kepada yang membuat bekas
dan dia kenal dengannya maka ini adalah maqam orang-orang yang mengambil
dalil yang mana mereka itu lemah.
|
[كيف يتصور أن يحجبه شيئ وهو الذى ظهر فى كل شيئ]
بذاته كما يقوله أهل الشهود أو بمحاسن صفاته وأسمائه كما يقوله أهل الحجاب
فالأشياء كلها مجالى ومظاهر لظهور معانى أسمائه التى هي تفاصيل معاني صفاته فيظهر
فى أهل العزة كونه معزا وفى أهل الذلة كونه مذلا وفى الإحياء معنى اسمه المحي
وعند سلب الرواح معنى اسمه المميت وعند العطاء معنى اسمه المعطى وعند المنع معنى
اسمه المانع وعند افاضة الفضل معنى اسمه الكريم وعند اجابة الدعاء معنى اسمه
المجيب وعند تسليطه المضار وجلب المنافع معنى اسمه الضار النافع الى غير ذلك.
|
[bagaimana bisa digambarkan bila
Allah itu dihalangi oleh sesuatu, dalam keadaan Allah itu terlihat jelas
didalam segala sesuatu] dengan dzatnya Allah, sebagaimana yang diucapkan oleh
ahlu syuhud atau dengan kebaikan sifat-sifatnya dan nama-namanya sebagaimana
yang diucapkan oleh ahlu hijab, maka segala sesuatu semuanya adalah
perkara-perkara yang terang dan yang jelas karena jelasnya makna nama-namanya
yang dia adalah perincian makna sifat-sifatnya maka jelas dalam orang yang
mulia, karena keadaan Allah itu dzat yang mulia dan dalam orang yang hina,
karena keadaan Allah itu dzat yang menghinakan, dan jelas dalam sifat
menghidupkan makna namanya Almuhyi (Allah dzat yang menghidupkan) dan disisi
tercabutnya ruh-ruh makna namanya Almumitu (Allah dzat yang mematikan) dan
disisi pemberian makna namanya Almu’thi ( Allah dzat yang maha memberi) dan
disisi terhalang/tidak memberi makna namanya Almani’ (Allah dzat yang maha
mencegah) dan disisi luasnya karunia Allah makna namanya Alkarimu (Allah dzat
yang mulia) dan disisi terkabulnya doa makna namanya Almujibu (Allah dzat
yang mengabulkan doa) dan disisi penguasaan Allah terhadap perkara yang
memudharatkan dan mendatangkan manfaat makna namanya Adhdharu (Allah dzat
yang bisa memberi mudharat) Annafi’u (Allah dzat yang bisa memberi manfaat)
kepada selain itu.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar