SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Sabtu, 15 Juni 2019

شرح بلوغ المرام من أدلة الأحكام.

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : Haramnya meminta-minta harta manusia tanpa keperluan mendesak dan darurat.

@ngajisyarahbulughulmaram/S=0059/klik.


كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.

Dalil Hadits tentang Haramnya meminta-minta harta manusia tanpa keperluan mendesak dan darurat adalah Sebagai Berikut :

[894]- وعن قبيصة بن مخارق رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إن المسألة لا تحل إلا لأحد ثلاثة : رجل تحمل حمالة فحلت له المسألة حتى يصيبها ثم يمسك ؛ ورجل أصابته جائحة احتاحت ماله فحلت له المسألة حتى يصيب قواما من عيش ؛ ورجل أصابته فاقة حتى يقول ثلاثة من ذوي الحجى من قومه : لقد أصاصت فلانا فاقة فحلت له المسألة ؛ رواه مسلم.

Dan dari qabishah bin mukhariq semoga Allah meridhainya, dia berkata : rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : sesungguhnya meminta-minta itu tidah halal kecuali untuk salah satu dari tiga orang : seorang yang dia menanggung hutang orang lain maka halal bagi dia untuk meminta-minta sampai dia melunasinya kemudian dia berhenti dari meminta ; dan seorang yang tertimpa musibah yang menghabiskan hartanya maka halal bagi dia meminta sampai dia mendapat penopang dari penghidupan ; dan seorang yang tertimpa kefaqiran sehingga tiga orang dari kaumnya yang berakal mengatakan : sungguh kefaqiran telah menimpa sifulan maka halal bagi dia meminta ; hadis ini diriwayatkan oleh imam muslim.

3 (tiga) orang yang halal baginya untuk meminta-minta : [1]- Orang yang mendamaikan dua kabilah atau keluarga kemudian dia harus mengeluarkan harta dan biaya yang banyak sehingga dia memiliki banyak hutang tapi batasannya sampai hutangnya lunas. [2]- Orang yang hartanya terkena bencana alam yang membinasakan hartanya seperti angin kencang, kebakaran, bencana yang membinasakan panenan atau terkena hama, yang bencana ini bukan buatan manusia, seperti dirampok maka dia boleh meminta-minta sampai dia mempunyai sandaran kehidupan, tidak boleh mengambil lebih dari kebutuhannya. [3]- Orang yang tadinya kaya kemudian dia tertimpa kefakiran yang dahsyat maka boleh meminta tetapi ketentuannya atau syaratnya ada 3 orang yang berakal yang mengenal keadaannya yang bersaksi maka mereka orang tiga tersebut halal meminta dan boleh diberikan zakat.

FAEDAH HADIS :

Pertama : Haramnya meminta-minta harta manusia tanpa keperluan, yang memakannya adalah haram.

Kedua : Bolehnya meminta-minta untuk satu keperluan, diantaranya tiga orang yang disebutkan dalam hadis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...