Kajian Kitabul
Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam
Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas
seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : Haramnya meminta-minta harta manusia tanpa keperluan mendesak dan darurat.
|
@ngajisyarahbulughulmaram/S=0059/klik.
|
كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.
|
Dalil Hadits tentang
Haramnya meminta-minta harta manusia tanpa keperluan mendesak dan darurat adalah Sebagai Berikut :
|
[894]-
وعن قبيصة بن مخارق رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إن
المسألة لا تحل إلا لأحد ثلاثة : رجل تحمل حمالة فحلت له المسألة حتى يصيبها ثم
يمسك ؛ ورجل أصابته جائحة احتاحت ماله فحلت له المسألة حتى يصيب قواما من عيش ؛
ورجل أصابته فاقة حتى يقول ثلاثة من ذوي الحجى من قومه : لقد أصاصت فلانا فاقة
فحلت له المسألة ؛ رواه مسلم.
Dan dari qabishah bin mukhariq semoga Allah meridhainya, dia berkata : rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam bersabda : sesungguhnya meminta-minta itu tidah
halal kecuali untuk salah satu dari tiga orang : seorang yang dia menanggung
hutang orang lain maka halal bagi dia untuk meminta-minta sampai dia
melunasinya kemudian dia berhenti dari meminta ; dan seorang yang tertimpa
musibah yang menghabiskan hartanya maka halal bagi dia meminta sampai dia
mendapat penopang dari penghidupan ; dan seorang yang tertimpa kefaqiran
sehingga tiga orang dari kaumnya yang berakal mengatakan : sungguh kefaqiran
telah menimpa sifulan maka halal bagi dia meminta ; hadis ini diriwayatkan oleh
imam muslim.
3 (tiga) orang yang halal baginya untuk meminta-minta : [1]- Orang yang mendamaikan
dua kabilah atau keluarga kemudian dia harus mengeluarkan harta dan biaya yang banyak
sehingga dia memiliki banyak hutang tapi batasannya sampai hutangnya lunas. [2]-
Orang yang hartanya terkena bencana alam yang membinasakan hartanya seperti angin
kencang, kebakaran, bencana yang membinasakan panenan atau terkena hama, yang bencana
ini bukan buatan manusia, seperti dirampok maka dia boleh meminta-minta sampai dia
mempunyai sandaran kehidupan, tidak boleh mengambil lebih dari kebutuhannya. [3]-
Orang yang tadinya kaya kemudian dia tertimpa kefakiran yang dahsyat maka boleh
meminta tetapi ketentuannya atau syaratnya ada 3 orang yang berakal yang mengenal
keadaannya yang bersaksi maka mereka orang tiga tersebut halal meminta dan boleh
diberikan zakat.
FAEDAH HADIS :
Pertama : Haramnya meminta-minta harta manusia tanpa keperluan, yang memakannya
adalah haram.
Kedua : Bolehnya meminta-minta untuk satu keperluan, diantaranya tiga orang
yang disebutkan dalam hadis ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar