SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Sabtu, 13 Juli 2019

شرح بلوغ المرام من أدلة الأحكام.

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : bolehnya Kafalah dalam hak harta (pihak ketiga menanggung hutang dengan menghadirkan orang yang punya hutang agar supaya bisa melunasi hutangnya (ditanggung orangnya) baik orang yang hutang mau bayar hutangnya atau tidak), dan tidak boleh dalam hak badan, seperti orang menjamin atau menggantikan atau mewakilkan orang dalam hukuman had.

@ngajisyarahbulughulmaram/S=0066/klik.

كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.


Dalil Hadits tentang Pihak ketiga menanggung hutang dengan menghadirkan orang yang punya hutang agar supaya bisa melunasi hutangnya (ditanggung orangnya) baik orang yang hutang mau bayar hutangnya atau tidak adalah Sebagai Berikut :

[902]- وعن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال : قال رسول الله عليه وسلم : لا كفالة فى حد ؛ رواه البيهقي بإسناد ضعيف [*].

==[*]- قال البيهقي : إنه منكر ، وفي الباب آثار كلها لا تخلو عن مقال لكن أحاديث الأمر بإقامة الحدود تؤيد معناه لأنه لو جازت هذه الكفالة فغاب لزم تعطيل إقامة الحدود.

dan dari ‘amr bin syu’aib dari bapaknya dari kakeknya, dia berkata : bersabda rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : tidak ada tanggungan (jaminan) dalam hukuman had ; hadis ini diriwayatkan oleh albaihaqi dengan sanad yang lemah.

==[*]- Berkata albaihaqi : sesungguhnya hadis itu mungkar (diingkari karena menyelisihi hadis shahih), didalam bab ini ada riwayat-riwayat yang semuanya tidak kosong dari pembicaraan akan tetapi hadis-hadis perintah untuk menegakan hukuman had menguatkan makna hadis ini karena seandainya boleh jaminan hukuman had maka akan hilang keharusan meninggalkan penunaian hukuman had.

FAEDAH HADIS :

Sanadnya hadis ini adalah lemah tapi isinya benar, menanggung hutang itu berlaku pada hak-hak amaliyah tidak ada pada hak-hak badan, seperti orang yang mencuri dia dihukum had potong tangan kemudian ada orang lain mau menanggung atau menggantikan posisi dia untuk dipotong tangan, ini tidak boleh kecuali pada pelakunya.

Hadis ini memberikan faedah bahwa menanggung orang lain tidak berhak pada orang yang mendapat hukuman had atau menjamin orang lain khusus pada hak-hak harta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...