Kajian Kitabul
Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Karya Imam
Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya ; Kitab yang membahas
seputar masalah Muamalah Jual Beli ; Tema Kajian : bolehnya Kafalah dalam hak
harta (pihak ketiga menanggung hutang dengan menghadirkan orang yang punya
hutang agar supaya bisa melunasi hutangnya (ditanggung orangnya) baik orang
yang hutang mau bayar hutangnya atau tidak), dan tidak boleh dalam hak badan,
seperti orang menjamin atau menggantikan atau mewakilkan orang dalam hukuman
had.
|
@ngajisyarahbulughulmaram/S=0066/klik.
|
كتاب البيوع = Kitab Jual Beli.
|
Dalil Hadits tentang
Pihak ketiga menanggung hutang dengan menghadirkan orang yang punya hutang
agar supaya bisa melunasi hutangnya (ditanggung orangnya) baik orang yang
hutang mau bayar hutangnya atau tidak adalah Sebagai Berikut :
|
[902]-
وعن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال : قال رسول الله عليه وسلم : لا كفالة فى حد
؛ رواه البيهقي بإسناد ضعيف [*].
==[*]-
قال البيهقي : إنه منكر ، وفي الباب آثار كلها لا تخلو عن مقال لكن أحاديث الأمر
بإقامة الحدود تؤيد معناه لأنه لو جازت هذه الكفالة فغاب لزم تعطيل إقامة الحدود.
dan dari ‘amr bin syu’aib dari bapaknya dari kakeknya, dia berkata : bersabda
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : tidak ada tanggungan (jaminan) dalam
hukuman had ; hadis ini diriwayatkan oleh albaihaqi dengan sanad yang lemah.
==[*]- Berkata albaihaqi : sesungguhnya hadis itu mungkar (diingkari karena
menyelisihi hadis shahih), didalam bab ini ada riwayat-riwayat yang semuanya
tidak kosong dari pembicaraan akan tetapi hadis-hadis perintah untuk menegakan
hukuman had menguatkan makna hadis ini karena seandainya boleh jaminan hukuman
had maka akan hilang keharusan meninggalkan penunaian hukuman had.
FAEDAH HADIS :
Sanadnya hadis ini adalah lemah tapi isinya benar, menanggung hutang itu
berlaku pada hak-hak amaliyah tidak ada pada hak-hak badan, seperti orang yang
mencuri dia dihukum had potong tangan kemudian ada orang lain mau menanggung
atau menggantikan posisi dia untuk dipotong tangan, ini tidak boleh kecuali
pada pelakunya.
Hadis ini memberikan faedah bahwa menanggung orang lain tidak berhak pada
orang yang mendapat hukuman had atau menjamin orang lain khusus pada hak-hak
harta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar