SELAMAT DATANG DI BLOG PURI BOSS PULSA KETUA UMUM PARTAI KURANG SUARA (P.K.S) MENDUKUNG CALON PEMIMPIN DAN PARTAI POLITIK KURANG SUARA, KURANG DANA DAN KURANG POPULER CS : 085-291-081-888 = 085-712-871-888 = 083-863-691-888 = 087-736-731-888 = 089-603-871-888 PURI CAHYADI - REK. BANK : 4221211418 (BCA)

Senin, 15 Juli 2019

موعظة المؤمنين من إحياء علوم الدين.


Kitab Mau'idhatul Mu'minin min Ihya 'Ulumuddin karya Al 'Alamah Asy Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qasimi rahimahullahu ta'ala :

@ngajikitabmau’idhatulmu’minin/S=0002/klik.


بيان العلم الذي هو فرض عين ؛ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : طلب العلم فريضة على كل مسلم ؛ فمنه ما يدرك به التوحيد ويعلم به ذات الله تعالى وصفاته ؛ ومنه ما تعرف به العبادات والحلال والحرام وما يحرم من المعاملات وما يحل ؛ ومنه ما تعلم به أحوال القلب : ما يحمد منها كالصبر والشكر والسخاء وحسن الخلق وحسن المعاشرة والصدق والإخلاص وما تذم كالحقد والحسد والغش والكبر والريا والغضب والعداوة والبغضاء والبخل فمعرفة ما تكتسب به الأولى وما تجتنب به الثانية فرض عين كتصحيح المعتقدات والعبادات والمعاملات.

Bayanul ‘ilmi alladzi huwa fardhu ‘ainin ; qala rasulullahi shallallahu ‘alaihi wa sallam : thalabul ‘ilmi faridhatun ‘ala kulli muslimin ; faminhu ma yudriku bihit tauhida wa ya’lamu bihi dzatillahi ta’ala wa shifatihi ; wa minhu ma tu’rafu bihil ‘ibadati wal halala wal harama wa ma yuhramu minal mu’amalati wa ma yuhallu ; wa minhu ma tu’lamu bihi ahwalul qalbi : ma yuhmadu minha kash shabri wasy syukri was sakha-i wa husnil khuluqi wa husnil mu’asyarati wash shidqi wal ikhlashi, wa tudzammu kal hiqdi wal hasadi wal ghisysyi wal kibri war riya-i wal ghadhabi wal ‘adawati wal baghdhati wal bukhli fama’rifatu ma tuktasabu bihil ula wa ma tujtanibu bihits tsaniyatu, fardhu ‘ainin katashhihil mu’taqadati wal ‘ibadati wal mu’amalati.

Penjelasan tentang ilmu yang hukumnya fardhu ‘ain untuk dipelajari oleh setiap muslim ; bersabda rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : mencari ilmu itu hukumnya wajib atas setiap muslim ; maka setengah dari ilmu yang fardhu ‘ain adalah ilmu yang seorang itu mengetahui dengannya perkara tauhid dan seorang mengetahui dengannya dzat Allah ta’ala dan sifat-sifatnya ; dan setengah dari ilmu yang fardhu ‘ain adalah ilmu yang seorang mengetahui dengannya perkara-perkara ibadah, perkara yang halal, perkara yang haram dan apa yang diharamkan dari perkara-perkara muamalah dengan sesama manusia dan juga apa yang dihalalkan ; dan setengah dari ilmu yang fardhu ‘ain adalah ilmu yang seorang mengetahui dengannya keadaan-keadaan hati : apa yang terpuji darinya seperti sabar, syukur, dermawan, baik tingkah lakunya, baik pergaulannya, bersifat jujur dan ikhlas ; dan apa yang dicela seperti iri, dengki, suka menipu, sombong, suka riya (pamer), suka marah, suka bermusuhan, suka menebar kebencian dan bersifat kikir ; maka mengetahu apa yang harus dikerjakan dengannya keadaan-keadaan hati yang pertama yang terpuji dan apa yang harus dijauhkan dengannya yang kedua yang tercela, ilmu yang hukumnya fardhu ‘ain seperti membenarkan atau memperbaiki perkara-perkara yang terkait urusan keyakinan seorang muslim, ibadah dan muamalahnya sesama manusia.

كتاب عقيدة أهل السنة فى كلمتي الشهادة التى هي أحد مباني الإسلام ؛ عقيدتهم فى ذاته تعالى وتقدس أنه إله واحد لا شريك له قديم لا أول له مستمر الوجود لا آخر له ، أبدي لا نهاية له ، دائم لا انصرام له ، لم يزل ولا يزال ، موصوفا بنعوت الجلال ، لا يقضى عليه بالإنقضاء والإنفصال ، بتصرم الآباد وانقراض الآجال ، بل هو الأول والآخر ، والظاهر والباطن وهو بكل شيئ عليم.

kitabu ‘aqidatu ahlus sunnati fi kalimataisy syahadati allati hiya ahadu mabanil islami ; ‘aqidatuhum fi dzatihi ta’ala wa taqaddasa annahu ilahun wahidun la syarika lahu qadimun la awwala lahu mustamirul wujudi la akhira lahu, abadiyun la nihayata lahu, da-imun la inshirama lahu, lam yazal wa la yuzalu, maushufan binu’util jalali, la yuqdha ‘alaihi bil-inqidha-i wal-infishali, bitasharrumil aabadi wa inqiradhil aajali, bal huwal awwalu wal aakhiru, wadh dhahiru wal bathinu wa huwa bikulli syai-in ‘alimun.

kitab aqidah ahlus sunnah dalam menjabarkan pemahaman tentang dua kalimat syahadat yang mana dua kalimat syahadat itu adalah salah satu pondasi dari bangunan agama islam ; aqidah mereka dalam masalah dzat Allah yang maha tinggi dan maha suci bahwasannya Dia-lah Allah adalah sesembahan yang satu yang tidak ada sekutu baginya, Dia-lah Allah dzat yang langgeng dzat yang tidak memiliki awal, yang terus menerus ada wujudnya, dzat yang tidak memiliki akhir, Dia-lah Allah dzat yang selama-lamanya yang tidak ada ujungnya, Dia-lah Allah dzat yang kekal yang tidak ada putusnya, Dia-lah Allah dzat yang tidak berhenti dan tidak bisa dihentikan, Dia-lah Allah disifati dengan sifat-sifat keagungan, tidak diputusi atas Allah dengan sesuatu yang memutus dan yang memisah, dengan terputusnya beberapa masa dan habisnya beberapa waktu, bahkan Dia-lah Allah dzat yang awal dan yang akhir, dan dzat yang nampak dan yang samar, dan Dia Allah dengan segala sesuatu maha mengetahui.

وأنه ليس بجسم مصور ، ولا يماثل موجودا ، ولا يماثله موجود ، ولا تحيط به الجهات ، ولا تكتنفه الأرضون ولا السموات ، وأنه مستو على العرش على الوجه الذي قاله وبالمعنى الذي أراده وهو فوق العرش والسماء ، وفوق كل شيئ إلى تخوم الثرى ، بل هو رفيع الدرجات عن العرش والسماء كما أنه رفيع الدرجات عن الأرض والثرى ، وهو مع ذلك قريب من كل موجود ، وهو أقرب إلى العبد من حبل الوريد ، إذ لا يماثل قربه قرب الأجسام ، كما لا تماثل ذاته الأجسام.

wa annahu laisa bijismin mushawwarin, wa la yumatsilu maujudan wa la yumatsiluhu maujudun wa la tuhithu bihil jihatu, wa la taktanifuhul ardhuna wa las samawatu, wa annahu mustawin ‘alal ‘arsyi ‘alal wajhi alladzi qalahu wa bil ma’na alladzi aradahu wa huwa fauqal ‘arsyi was sama-i, wa fauqa kulli syai-in ila tukhumits tsara, bal huwa rafi’ud darajati ‘anil ‘arsyi was sama-i kama annahu rafi’ud darajati ‘anil ardhi wats tsara, wa huwa ma’a dzalika qaribun min kulli maujudin, wa huwa aqrabu ilal ‘abdi min hablil waridi, idz la yumatsilu qurbuhu qurbal ajsami, kama la tumatsilu dzatahul ajsamu.

dan bahwasannya Allah bukanlah berbentuk jazad yang bergambar, dan Allah itu tidak sama dengan benda-benda maujud dan benda-benda maujud itu tidak sama dengan Allah, dan Allah itu tidak diliputi oleh arah-arah, dan tidak pula Allah itu dikelilingi oleh bumi-bumi dan langit-langit, dan bahwasannya Allah itu bersemayam diatas arsy dengan cara yang Allah firmankan didalam alqur’an dan dengan makna yang Allah menghendakinya dan Dia-lah Allah berada diatas arsy dan langit, dan berada diatas segala sesuatu sampai batas tanah, bahkan Dia-lah Allah yang memiliki ketinggian beberapa derajat dari arsy dan langit sebagaimana bahwasannya Dia-lah Allah memiliki ketinggian beberapa derajat dari bumi dan tanah, dan Dia Allah bersamaan itu semua adalah dzat yang dekat kepada hambanya, lebih dekat dari otot lehernya, karena kedekatan Allah itu tidak sama dengan dekatnya jazad-jazad manusia, sebagaimana jazad-jazad manusia itu tidak sama dengan dzat Allah.

وأنه لا يحل فى شيئ ولا يحل فيه شيئ ، تعالى عن أن يحويه مكان كما تقدس عن أن يحده زمان بل كان قبل أن خلق الزمان والمكان وهو الآن على ما عليه كان وأنه فى ذاته معلوم الوجود بالعقول مرئي الذات بالأبصار فى دار القرار نعمة منه ولطفا بالأبرار وإتماما منه للنعيم بالنظر إلى وجهه الكريم.

Wa annahu la yahillu fi syai-in wa la yahillu fihi syai-un, ta’ala ‘an yahwihi makanun kama taqaddasa ‘an yuhidda zamanun bal kana qabla an khalaqaz zamana wal makana wa huwa al-aana ‘ala ma ‘alaihi kana ; wa annahu fi dzatihi ma’lumul wujudi bil ‘uquli mura-iyudz dzati bil abshari fi daril qarari ni’matan minhu wa luthfan bil-abrari wa itmaman minhu lin na’imin bil nadhari ila wajhihil karimu.

Dan bahwasannya Allah itu tidak bertempat pada sesuatu dan sesuatu itu tidak bertempat pada Allah, maha tinggi Allah bila dikatakan Allah itu dikandung oleh tempat sebagaimana maha suci Allah bila dikatakan Allah itu dibatasi oleh waktu bahkan Allah itu telah ada sebelum Allah menciptakan waktu dan tempat dan Dia Allah sekarang seperti apa yang padanya Allah telah ada ; dan bahwasannya Allah didalam dzatnya bisa diketahui wujudnya dengan akal-akal manusia, akan diperlihatkan dzat Allah dengan mata-mata kepala manusia nanti di akhirat sebagai nikmat dari Allah, sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada orang-orang yang baik dan sebagai penyempurna dari Allah bagi penduduk surga dengan melihat kepada wajah Allah yang mulia.

وأنه تعالى حي قادر جبار  قاهر لا يعتريه قصور ولا عجز ولا تأخذه سنة ولا نوم ولا يعارضه فناء ولا موت ؛ وأنه المنفرد بالخلق والإختراع ، المتوحد بالإيجاد والإبداع ؛ وأنه عالم بجميع المعلومات ، محيط بما يجري من تخوم الأرضين إلى أعلى السموات ، لا يعزب عن علمه مثقال ذرة فى الأرض ولا فى السماء بل يعلم دبيب النملة السوداء على الصخرة الصماء فى الليلة الظلماء ويدرك حركة الذر فى جو الهواء ويعلم السر وأخفى ويطلع على هواجس الضمائر وحركات الخواطر وخفيات السرائر بعلم قديم أزلى لم يزل موصوفا به فى أزل الآزال.

Wa annahu ta’ala hayyun qadirun jabbarun qahirun la ya’tarihi qushurun wa la ‘ajzun wa la ta’khudzuhu sinatun wa la naumun wa la yu’aridhuhu fana-un wa la mautun ; Wa annahu almunfaridu bil khalqi wal ikhtira’i, almutawahhidu bil ijadi wal ibda’i wa annahu ‘alimun bijami’il ma’lumati, muhithun bima yajri min tukhumil ardhini ila a’las samawati, la ya’zubu ‘an ‘ilmihi mitsqala dzarratin fil ardhi wa la fis sama-i bal ya’lamu dabiban namlatis sauda-i ‘alash shakhratish shama-i fil lailatil dhulama-i wa yudriku harakatadz dzarri fi jawwil hawa-i wa ya’lamul sirra wa akhfa wa yuththali’u ‘ala hawajisidh dhama-iri wa harakatil khawathiri wa khafayatis sara-iri bil ‘ilmin qadimin azalin, lam yazal maushufan bihi fil azalil aazali.

Dan bahwasannya Allah ta’ala itu dzat yang maha hidup, yang maha mampu, yang maha memaksa dan kehendaknya tidak bisa dibantah, tidak mengenai Allah kekurangan dan juga kelemahan dan tidak menimpa Allah rasa kantuk dan juga tidur dan tidak menimpa Allah kerusakan dan kematian ; dan bahwasannya Allah dzat yang bersendirian dalam hal menciptakan dan menjadikan, Allah dzat yang bersendirian dalam hal mengadakan dan mewujudkan dan bahwasannya Allah itu dzat yang maha mengetahui dengan semua perkara yang diketahui, dzat yang meliputi dengan apa yang berjalan dari batas bumi sampai langit-langit yang paling atas, tidak tersamar dari ilmu Allah seberat biji sawi dibumi dan dilangit bahkan Allah mengetahui merangkaknya semut hitam dibatu yang keras dimalam yang gelap dan Allah mengetahui gerakan benda-benda kecil diangkasa dan Dia Allah mengetahui rahasia dan sesuatu yang lebih samar dan Allah mengetahui lintasan-lintasan hati manusia dan gerakan-gerakan yang terlintas dalam hati-hati manusia dan rahasia-rahasia yang samar dengan ilmu Allah yang terdahulu yang selama-lamanya, Dia Allah terus-menerus akan disifati dengan yang demikian itu didalam waktu yang selama-lamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kajian syarhul hikam - penjelasan hikmah ketiga - PURI BOSS PULSA.

Muraja’ah Kitab Syarhu Al Hikam bisyarqaawi Karya Syaikh Ahmad bin Athaillaah As Sakandari rahimahullahu ta’ala. ...